Rabithah Alawiyah

DOA KESELAMATAN SAAT KELUAR RUMAH

Al-Habib Ahmad bin Hasan Alathas radhiyallah anhu berkata:

“Aku mendengar doa ini dari Al-Habib Ahmad bin Muhammad Al-Muhdhar ketika kami keluar bersama dari rumah beliau. Beliau mendiktekan doa ini padaku:

بِسْمِكَ اللّٰهُمَّ خَرَجْتُ، وَأَنْتَ أَخْرَجَنِي، اَللّٰهُمَّ سَلِّمْنِي وَسَلِّمْ مِنِّي وَرُدَّنِي سَالِمًا

Dengan menyebut namamu Ya Allah aku keluar, Engkaulah yang mengeluarkan aku. Ya Allah berilah aku keselamatan dan jadilan orang lain selamat dariku, serta kembalikan aku dalam keadaan selamat.

Lalu membaca Ayat Kursi. (Dikutip dari Tadzkirun Nas hal 137)

Keterangan:

Sebagian doa ini diriwayatkan dari salaf. Disebutkan dalam Adab Mufrad:

أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ قَالَ: اللَّهُمَّ ‌سَلِّمْنِي ‌وَسَلِّمْ مِنِّي

Bahwa Sahabat Ibnu Umar apabila keluar dari rumahnya beliau berdoa: Ya Allah berilah aku keselamatan dan jadilan orang lain selamat dariku. (HR Bukhari dalam Adab Mufrad)

Mengenai Ayat Kursi, Imam Nawawi dalam kitab Al-Adzkar mengatakan:

فقد جاء أن مَنْ قَرأ آيَة الكرسي ‌قبلَ ‌خروجهِ من منزلِه لم يصبْه شئ يكرهُه حتى يَرجع

Telah datang bahwa siapa yang membaca ayat Kursi sebelum keluar rimah, maka ia tidak akan menemukan sesuatu yang tidak ia sukai sampai ia kembali. (Al-Adzkar An-Nawawiyah hal 216)

Supaya lebih sempurna, maka bisa menambahkan doa keluar rumah yang diajarkan oleh Nabi ﷺ. Beliau bersabda: “Jika seorang keluar rumahnya lantas berkata:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا باللهِ

Dengan menyebut nama Allah. Aku bertawakal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah.

Maka akan dikatakan padanya. “Engkau telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga.”

Maka setan-setan menyingkir darinya, dan berkata setan lain, “Bagaimana engkau dapat mengganggu seorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga?” (HR Abu Dawud)

Serta menambahkan doa yang selalu dipraktekan Nabi ﷺ ketika keluar rumah. Ummu Salamah Radhiyallahu anha berkata, “Rasulullah tidak pernah keluar, kecuali Beliau akan mengangkat pandangannya ke langit dan berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ، أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ، أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ، أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Ya Allah, sungguh aku berlindung pada-Mu agar aku tidak menyesatkan dan disesatkan, tidak tergelincir dan tidak pula digelincirkan, tidak menzalimu dan tidak pula dizalimi, tidak melakukan kebodohan dan tidak pula dibodohi. (HR Abu Dawud, Turmudzi dan Nasai)

Dengan menggabungkan doa-doa tersebut insya Allah ﷻ kita akan berada dalam perlindungan Allah ﷺ selama berada di luar rumah.RA(*)