BAHAYA MINUMAN KERAS

Posted on 23 April 2024


Suatu hari Sahabat Utsman bin Affan radhiyallahu anhu berkhutbah:

‌اجْتَنِبُوا ‌الْخَمْرَ ‌فَإِنَّهَا ‌أُمُّ ‌الْخَبَائِثِ

Hindarilah minuman keras sebab itu adalah induk segala perbuatan buruk. (HR Nasa’i)

Lantas Beliau berkisah:

Dahulu pada umat sebelum kalian, ada seorang lelaki di masa lalu yang gemar beribadah. Seorang wanita pezina yang tertarik padanya, dan mengutus budaknya untuk mengundang lelaki itu:

“Kami mengundangmu untuk menjadi saksi.”

Ahli ibadah itu pun pergi bersama budak wanita, setiap kali memasuki suatu ruang, budak wanita itu mengunci pintu di belakangnya sampai keduanya tiba di kamar wanita hina itu. Wanita itu pun berkata:

“Demi Allah, aku sebenarnya tidak mengundangmu untuk menjadi saksi, tapi aku mengundangmu agar engkau berzina denganku atau membunuh anak ini, atau minum segelas minuman keras ini. Jika tidak, aku akan berteriak, sehingga namamu akan menjadi rusak.”

Ketika lelaki itu merasa tidak mendapatkan celah untuk lari, maka ia memilih apa yang dalam pandangannya paling ringan.

“Berilah segelas minuman keras itu.”

Setelah meminum segelas, ia mulai merasakan kenikmatan dan berkata:

“Tambahkan segelas lagi.”

Ia terus meminta tambahan sehingga ia mabuk. Dalam keadaan mabuk ia membunuh anak itu, dan berzina dengan wanita hina itu.”

Setelah mengisahkan hal ini, Sahabat  Utsman bin Affan radhiyallahu anhu berkata:

فَاجْتَنِبُوا الْخَمْرَ فَإِنَّهَا وَاللَّهِ لَا يَجْتَمِعُ الْإِيمَانُ وَإِدْمَانُ الْخَمْرِ إِلَّا لَيُوشِكُ أَنْ يُخْرِجَ أَحَدُهُمَا صَاحِبَهُ

Maka hindarilah minuman keras. Sebab demi Allah, tidaklah berkumpul iman bersama dengan kegemaran meminum minuman keras, kecuali hampir saja salah satunya akan keluar dari pemiliknya (bisa jadi imannya yang keluar naudzu billah). RA (*)